Senam Kegel Atasi Gangguan Berkemih

Tips Kesehatan, Jakarta - Banyak cara untuk bisa mengatasi masalah gangguan sekresi atau gangguan kemih. Salah satunya dengan melakukan terapi.

"Mereka bisa melakukan exercise atau senam secara berkala," kata Dahrial Daud, dokter kandungan dari Rumah Sakit Siloam, Tangerang.

Senam kegel salah satu contohnya. Senam ini pada dasarnya bertujuan untuk melatih otot dasar panggul (puboccoccygeus) dan otot-otot saluran kemih.

Ditemukan oleh Arnold Kegel, senam ini awalnya dianjurkan bagi wanita yang menjalani proses persalinan. Maklum, pasca-melahirkan, banyak perempuan yang biasanya tidak bisa menahan keluarnya air seni sehingga sering mengompol.

Namun, pada perkembangannya, "Senam ini tak hanya dilakukan oleh wanita tapi juga pria," ujar dia.

Maklum, gangguan berkemih nyatanya juga banyak terjadi pada pria yang lanjut usia. Salah satu kelebihan senam ini adalah gerakannya yang sangat gampang dilakukan. Senam ini juga bisa dilakukan di mana dan kapan saja, tergantung keinginan kita.

Caranya, Anda bisa mengencangkan otot kemih seperti menahan kencing. Tahan selama lima detik kemudian kembali dikendurkan. Ulangi sedikitnya lima kali.

Waktu menahan kencing ini kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap menjadi 15 detik-20 detik. Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini tiga kali sehari dengan frekuensi 10 sampai 15 kali tiap sesinya.

Bila dilakukan secara teratur, hasil senam kegel ini akan terlihat dalam waktu sekitar delapan sampai 12 minggu. Niscaya, gangguan berkemih perlahan akan menghilang dengan sendirinya. [kompas]

0 comments:

Post a Comment

 
© 2011 blog serba ada | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger