Jenis-Jenis Mail Nuclear dan Cara Mengantisipasinya - How To Anticipate Mail Nuclear !

Dalam postingan saya kali ini akan menjelaskan tentang apa itu mail nuclear dan bagaimana cara mengantisipasinya. Simak baik-baik ya sob. semoga bermanfaat. :-)

Dalam dunia hacking ada istilah mail nuclear yakni penyerangan terhadap personal mail. Adapun para korbannya ialah pengguna internet pribadi ataupun perusahaan. Motif dari penyerangan biasanya tuh cuma sekedar orang iseng atau bisa saja ada orang yang membenci sobat. Penyerangan dilakukan oleh hacker, dimana si hacker membom email sobat agar akun email sobat hang atau error.


Ada beberapa kategori penyerangan terhadap personal mail :
  • Bom Email - merupakan bentuk pengeboman dengan jalan mengirimkan isi mail sebanyak-banyaknya (karakter tak bermakna) dengan jumlah mencapai puluhan hingga ratusan mail.
  • Bom Attach Mail - bentuk pengeboman yang dilakukan terhadap seseorang dengan dilampiri attachment beberapa megabyte hingga beberapa puluh megabyte.
  • Bom Listing - pengeboman dengan mendaftarkan email korban ke banyak mailing list. Otomatis dengan didaftarkannya ke banyak mailing list, maka dalam sehari si korban akan menerima ratusan hingga ribuan mail.

Nah di postingan kali ini saya juga akan membahas pencegahan agar kita tidak menjadi korban mail nuclear, simak lagi nih sob! :-) .

  1. Batasi penyebaran alamat email resmi sobat. - Tidak memberikan alamat email resmi kita kepada sembarang orang, kecuali terhadap orang yang bisa di percaya tidak akan berbuat demikian.
  2. Manfaatkan Mail Filter pada software mail sobat. - Dengan menggunakan mail filter ini, dokumen sobat akan tertata rapi. Selain itu, pada beberapa software mail, ada yang mempunyai kemampuan memfilter semua mail yang mempunyai kapasitas di luar batas yang telah diatur oleh penggunanya.
  3. Memanfaatkan Mirror Mail. - Cara ini diperuntukkan bagi sobat-sobat yang tidak ingin dilacak user mailnya (agak sulit dilacak). Fasilitas ini memungkinkan seseorang mempunyai alamat email lain, tapi nantinya email-email yang ditujukan ke alamat tersebut akan di terima oleh pengguna melalui mail resminya. Sobat bisa memfilter dari awal keberadaan email-email asing sesuai kehendak sobat, sebelum email tsb masuk ke mailbox resmi sobat. Tapi sangat disayangkan, kebanyakan mirror mail ini kebanyakan tidak gratis, alias harus bayar iuran tahunan. Cara ini cukup ampuh.
  4. Hubungi ISP bila keadaan sangat memaksa. - Untuk menangani masalah email yang telah masuk ke mailbox kita (di server) untuk di download ke komputer kita, kadang kala mengalami banyak kesulitan. Dikarenakan membengkaknya isi mailbox kita sedikit banyak akan memberikan dampak langsung terhadap waktu downloadnya. Untuk masalah ini, sobat bisa menghubungi ISP sobat untuk meminta dibersihkan mail-mail yang tidak berguna menurut sobat. Kalo sobat memakai email gratisan (Google, Yahoo, dsb) gak usah seribet itu caranya. Ambil aja data-data yang penting, forward, tinggalkan saja, kemudian buat account baru. Beres!! :-p .
  5. Ganti mail address. - Ini adalah alternatif terakhir, bila beberapa cara diatas tidak bisa ditempuh (terlalu sulit), maka dengan terpaksa sobat bisa minta kepada ISP sobat untuk mengganti mail address sobat. Biasanya untuk mengganti mail address diperlukan beberapa prosedur yang bersifat pernyataan bahwa yang bersangkutan benar-benar ingin mengganti mail address-nya.

Nah diatas adalah cara mengantisipasi nuclear mail sob! Di postingan saya selanjutnya akan saya bahas cara melakukan Mail Nuclear (Bom Mail). Simak aja trus sob! :-D .

Baca juga artikel saya tentang netbios hacking.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2011 blog serba ada | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger